Thursday, 29 June, 2017 - 15:31

Tips Puasa Sehat Ala Kadinkes Palu

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr Royke Abraham. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu dr. Royke Abraham  ingatkan warga Palu yang menjalankan ibadah puasa untuk menjaga kesehatannya.
 
Dr. Royke Abraham mengungkapkan tips sehat dan bugar agar produktifitas kerja selama bulan puasa tetap maksimal.

“Saat sahur makan dengan porsi normal, hindari makanan terlalu manis, sebab akan mengakibatkan tubuh lemas di siang hari,” katanya.

“Perlu diperhatikan makanan tinggi karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, beras merah. Jangan lupa untuk mengkonsumsi protein seperti ikan laut, karena mengandung tinggi omega tiga, serta konsumsi sayur-sayuran, kacang panjang, jus buah, tidak lupa untuk mengkonsumsi air putih yang cukup dan susu,” sambungnya.

dr. Royke juga mengingatkan agar warga Palu yang berpuasa menghindari makanan pedas dan gorengan.

“Saat berpuasa, bekerja dengan santai tapi pasti dan tuntas, jangan menumpuk pekerjaan,” katanya.

“Istirahatlah yang cukup, kalau bisa tidur 15 menit setelah sholat dzuhur. Jangan lupa untuk melakukan olahraga ringan pada sore hari. Olahraga yang dilakukan jangan yang berat, cukup olahraga seperti yoga dan sepeda santai,” sambungnya.

dr. Royke juga mengingatkan bagi yang berpuasa agar saat berbuka untuk makan makanan yang manis-manis.

“Jangan langsung makan yang banyak, setelah berbuka langsung laksanakan salat maghrib agar pencernan tidak kaget,” katanya.

“Setelah salat barulah makan makanan utama. Ingat makanan berbuka puasa terbaik adalah kurma, sehingga dianjurkan untuk berbuka dengan kurma,” sambungnya.

“Semoga bermanfaat tips berpuasa sehat ini dapat bermanfaat, selamat berpuasa bagi yang menjalankan,” katanya.


Editor : M Yusuf BJ

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.