Thursday, 24 May, 2018 - 03:20

Wisata Bahari dan Mangrove Dikembangkan di Oncone Raya

PEDULI LINGKUNGAN - Kelompok Pemuda Penggerak Pembangunan Peduli Lingkungan Desa Oncone Raya Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong memperkenalkan potensi wisata bahari dan hutan mangrove di wilayah Oncone Raya berwawasan lingkungan, Minggu 22 April 2018. (Foto: Ist)

Parimo, Metrosulawesi.com - Kelompok Pemuda Penggerak Pembangunan Peduli Lingkungan Desa Oncone Raya Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong memanfaatkan peringatan Hari Bumi sebagai momen untuk memperkenalkan potensi wisata bahari dan hutan mangrove di wilayah Oncone Raya berwawasan lingkungan, Minggu 22 April 2018.

Kades Oncone Raya Yasin mengatakan komunitas pemuda penggerak pembangunan yang dibentuknya akan mengelola obyek wisata bahari dan hutan mangrove yang cukup luas serta potensial untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di desa.

"Obyek wisata bahari dan hutan mangrove tak sekadar berwisata saja melainkan dapat pula sebagai lokasi perlindungan terumbu karang dan keanekaragaman serta menjaga pula kelestarian hutan mangrove" jelas Yasin. 

Ia menyebutkan di lokasi hutan mangrove memiliki fauna  berupa beberapa jenis burung yang menambah keindahan obyek wisata bahari karena pengunjung bisa mendengarkan kicauan burung di pagi hari, sore bahkan malam hari dan jika  beruntung bisa melihat musang yang sudah mulai langka keberadaannya. 

Tak sekadar itu Yasin dgn pemuda penggerak pembangunan juga akan merancang fasilitas olah raga volley pantai dan arena pendidikan lingkungan yang akan didampingi oleh Evergreen Indonesia dalam pengembangan obyek wisata bahari dan hutan mangrove. 

Riswan Camat Tinombo Selatan Kabupaten ParigiMoutong hadir pula dalam memperingati hari bumi dan mengapresiasi seluruh inovasi pembangunan yang dilakukan berwawasan lingkungan dan berkelanjutan. 

"Bumi merupakan tempat kita tinggal dan bumi pula telah memberikan kita berbagai kebutuhan manusia maka sudah seharusnya kita juga memberikan sesuatu yang terbaik bagi bumi dgn menjaga keseimbangan dan keberlanjutannya," pesannya di hadapan peserta peringatan hari bumi di tepi pantai oncone raya lokasi obyek wisata. 

Camat juga menyampaikan bahwa pemuda merupakan ujung tombak gerakan pembangunan. Olehnya pemuda harus bangkit ikut serta dalam pembangunan untuk menuangkan ide dan gagasan yang inovatif untuk kemajuan.

 

Editor: Syamsu Rizal